BUKTI
FISIK
PENILAIAN
KINERJA KEPALA SEKOLAH SMA PLUS TAUHIDUL AFKAR
DINAS
PENDIDIKAN KABUPATEN CIANJUR TAHUN 2019
KOMPONEN
1 : KEPRIBADIAN DAN
SOSIAL
1.
Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi
akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di
sekolah/madrasah
1.1.
Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang
dianutnya.
1.1.1. Jadwal
sholat berjama’ah
1.1.2. Program
kegiatan hari besar islam/keagamaan
1.1.3. Laporan
pelaksanaan kegiatan
1.1.4. Photo
kegiatan/ Video
1.2. Sikap dan perilaku
keteladanan bagi warga sekolah.
1.2.1. Tatib sekolah
1.2.2. Agenda
kegiatan Kepala Sekolah
1.2.3. Daftar hadir
1.2.4. Laporan
kerja
1.3. Empati terhadap
masalah yang dihadapi warga sekolah.
1.3.1. Catatan kegiatan
social (kunjungan ke warga sekolah)
1.4. Kemampuan
mengembangkan budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun
1.4.1. Adanya
slogan 5 S
1.5. Pengakuan dari warga
sekolah terhadap keteladanannya
1.5.1. Adanya
dukungan dari warga sekolah
2.
Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan
penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.
2.1. Mampu menerapkan
kejujuran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
2.1.1. Laporan
kegiatan rutin
2.2. Mampu menerapkan ketulusan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
2.2.1. Daftar hadir
Kepala sekolah
2.3.
Mampu menerapkan
komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
2.3.1. Program
kerja kepala sekolah
2.3.2. Laporan
hasil kegiatan
2.3.3. Dokumen
prestasi
2.4. Mampu menerapkan
integritas yang tinggi dalam melaksanakan
tugas pokok dan fungsinya.
2.4.1. Buku catatan
kasus dan solusinya
2.4.2. Kuesioner
3.
Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan
fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.
3.1. Terbuka menerima
pendapat, kritik dan saran dari pihak lain.
3.1.1. Kotak saran
3.1.2. Media
elektronik
3.1.3. Notula rapat
3.2.
melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam penyusunan program sekolah
3.2.1. Undangan
rapat penyusunan Program Sekolah
3.2.2. Daftar hadir
dan Notulen rapat
3.2.3. Adanya
rencana program sekolah jangka pendek , jangka
menengah dan jangka panjang
3.3.
terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah.
3.3.1. Adanya
dokumen sosialisasi keuangan ke warga sekolah
3.3.2. Adanya
program sekolah yang terpampang di media informasi
3.4.
terbuka dalam membangun sistem informasi manajemen sekolah
3.4.1. Adanya
jaringan internet/email/website
3.4.2. Kuesioner
4.
Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan
tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah.
4.1.
Mampu mengendalikan emosi:
a) sabar,
b) tenang,
c) bijaksana
d) berjiwa besar
4.1.1. Notulen
rapat yang menunjukan adanya kamunikasi dengan warga sekolah
4.2.
Mampu menghadapi masalah
4.2.1. Notulen
rapat yang menunjukan kesiapan menghadapi masalah
4.3.
Mampu memecahkan masalah.
4.3.1. Notulen
rapat yang menunjukan memecahkan masalah
4.4.
Mampu mengelola tantangan baru
4.4.1. Notulen
rapat yang menunjukan siap menghadapi tantangan baru
Kuesioner
5.
Berpartisipasidalamkegiatansosialkemasyarakatan.
5.1.
Berperan aktif dalam pelaksanaan program
pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam
dan lainnya).
5.1.1. Program
kegiatan social
5.1.2. Dokumen
laporan kegiatan social kemasyarakatan
5.2.
Berperan aktif dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong royong, kerja bakti
kebersihan lingkungan).
5.2.1. Program
kegiatan sosial
5.2.2. Dokumen
laporan kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah
5.3.
Berperan aktif
dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal
(contoh: pengurus RT, RW dan lainnya).
5.3.1. Surat
keterangan sebagai pengurus RT/RW/DKM dll.
5.4.
Berperan aktif dalam kegiatan sosial
kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan hidup.
5.4.1. Adanya
apotek hidup/green house
Kuesioner
6.
Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang
atau kelompok lain.
6.1. Mampu bersifat
simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain.
6.1.1. Memiliki
aturan sekolah tentang tenggang rasa terhadap orang lain
6.1.2. Adanya
dokumen kegiatan yang berkaitan dengan simpati
6.2. Mampu bersifat
empati/sambung rasa terhadap orang lain.
6.2.1. Memiliki
aturan sekolah tentang empati terhadap orang lain
6.2.2. Adanya
dokumen kegiatan yang berkaitan dengan empati
6.3. Peduli terhadap
kepentingan orang atau kelompok lain
6.3.1. Memiliki
aturan sekolah tentang kepedulian terhadap orang lain
6.3.2. Laporan
kegiatan tentang kepedulian terhadap orang lain
6.4. Mampu bersifat
objektif dalam mengatasi konflik internal sekolah.
6.4.1. Adanya
berita acara penyelesaian konflik
6.4.2. Laporan
penanganan konflik internal sekolah
Kuesioner
7.
Mengembangkan
dan mengelola hubungan
sekolah/madrasah dengan
pihak
lain
di luar sekolah
dalam
rangka
mendapatkan dukungan ide, sumber belajar,dan pembiayaan
sekolah/madrasah.
7.1.
Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga
pemerintah, swasta dan masyarakat.
7.1.1. Memiliki
program kerja sama dengan Lembaga lain
7.2.
Mampu melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh
dukungan dari lembaga pemerintah, swasta,Dunia Usaha Dunia Industri
(DUDI), dan masyarakat
7.2.1. Adanya MOU
dengan lembaga lain
7.3.
Mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga
swasta, pemerintah dan masyarakat.
7.3.1. Memiliki
dokumen kegiata
7.4.
Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk
meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan
profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.
7.4.1. Memiliki
dokumen dukungan dari komite sekolah
Kuesioner
0 komentar:
Posting Komentar