Minggu, 12 Januari 2020

PenKS 01 Bukti Fisik

BUKTI FISIK
PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH SMA PLUS TAUHIDUL AFKAR
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN CIANJUR  TAHUN 2019
KOMPONEN 1                     : KEPRIBADIAN DAN SOSIAL
1.      Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah
1.1.     Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
1.1.1.      Jadwal sholat berjama’ah
1.1.2.      Program kegiatan hari besar islam/keagamaan
1.1.3.      Laporan pelaksanaan kegiatan
1.1.4.      Photo kegiatan/ Video
1.2.     Sikap dan perilaku keteladanan bagi warga sekolah.
1.2.1.      Tatib sekolah
1.2.2.      Agenda kegiatan Kepala Sekolah
1.2.3.      Daftar hadir
1.2.4.      Laporan kerja
1.3.     Empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah.
1.3.1.     Catatan kegiatan social (kunjungan ke warga sekolah)
1.4.     Kemampuan mengembangkan budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun
1.4.1.      Adanya slogan 5 S
1.5.     Pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya
1.5.1.      Adanya dukungan dari warga sekolah
2.      Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.
2.1.     Mampu menerapkan kejujuran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
2.1.1.      Laporan kegiatan rutin
2.2.     Mampu menerapkan  ketulusan dalam melaksanakan tugas  pokok dan fungsinya.
2.2.1.      Daftar hadir Kepala sekolah
2.3.   Mampu menerapkan  komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas  pokok dan fungsinya.
2.3.1.      Program kerja kepala sekolah
2.3.2.      Laporan hasil kegiatan
2.3.3.      Dokumen prestasi
2.4.   Mampu menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan  tugas pokok dan fungsinya.
2.4.1.      Buku catatan kasus dan solusinya
2.4.2.      Kuesioner
3.      Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah.
3.1.   Terbuka menerima pendapat, kritik dan saran dari pihak lain.
3.1.1.      Kotak saran
3.1.2.      Media elektronik
3.1.3.      Notula rapat
3.2.   melibatkan seluruh pemangku kepentingan  dalam penyusunan program sekolah
3.2.1.      Undangan rapat penyusunan Program Sekolah
3.2.2.      Daftar hadir dan Notulen rapat
3.2.3.      Adanya rencana program sekolah jangka pendek , jangka  menengah dan jangka panjang
3.3.   terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah.
3.3.1.      Adanya dokumen sosialisasi keuangan ke warga sekolah
3.3.2.      Adanya program sekolah yang terpampang di media informasi
3.4.     terbuka dalam membangun  sistem informasi manajemen sekolah
3.4.1.      Adanya jaringan internet/email/website
3.4.2.      Kuesioner
4.      Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah.
4.1.   Mampu mengendalikan emosi:
a) sabar,
b) tenang,
c) bijaksana
d) berjiwa besar
4.1.1.      Notulen rapat yang menunjukan adanya kamunikasi dengan warga sekolah
4.2.   Mampu menghadapi masalah  
4.2.1.      Notulen rapat yang menunjukan kesiapan menghadapi masalah
4.3.   Mampu memecahkan masalah.
4.3.1.      Notulen rapat yang menunjukan memecahkan masalah
4.4.   Mampu mengelola tantangan baru
4.4.1.      Notulen rapat yang menunjukan siap menghadapi tantangan baru
Kuesioner
5.      Berpartisipasidalamkegiatansosialkemasyarakatan.
5.1.   Berperan aktif dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam dan lainnya).
5.1.1.      Program kegiatan social
5.1.2.      Dokumen laporan kegiatan social kemasyarakatan
5.2.   Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong royong, kerja bakti kebersihan lingkungan).
5.2.1.      Program kegiatan sosial
5.2.2.      Dokumen laporan kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah
5.3.   Berperan aktif  dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan tempat tinggal (contoh: pengurus RT, RW dan lainnya).
5.3.1.      Surat keterangan sebagai pengurus RT/RW/DKM dll.
5.4.   Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan hidup.
5.4.1.      Adanya apotek hidup/green house
Kuesioner
6.      Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain.
6.1.   Mampu bersifat simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain.
6.1.1.      Memiliki aturan sekolah tentang tenggang rasa terhadap orang lain
6.1.2.      Adanya dokumen kegiatan yang berkaitan dengan simpati
6.2.   Mampu bersifat empati/sambung rasa terhadap orang lain.
6.2.1.      Memiliki aturan sekolah tentang empati terhadap orang lain
6.2.2.      Adanya dokumen kegiatan yang berkaitan dengan empati
6.3.   Peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain
6.3.1.      Memiliki aturan sekolah tentang kepedulian terhadap orang lain
6.3.2.      Laporan kegiatan tentang kepedulian terhadap orang lain
6.4.   Mampu bersifat objektif dalam mengatasi konflik internal sekolah.
6.4.1.      Adanya berita acara penyelesaian konflik
6.4.2.      Laporan penanganan konflik internal sekolah
Kuesioner
7.      Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah/madrasah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar,dan pembiayaan sekolah/madrasah.
7.1.   Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.
7.1.1.      Memiliki program kerja sama dengan Lembaga lain
7.2.   Mampu melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintah, swasta,Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI),  dan masyarakat
7.2.1.      Adanya MOU dengan lembaga lain
7.3.   Mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat.
7.3.1.      Memiliki dokumen kegiata
7.4.   Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional, manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.
7.4.1.      Memiliki dokumen dukungan dari komite sekolah
Kuesioner

0 komentar:

Posting Komentar